Abstract
Fenomena yang terjadi saat ini anak-anak menghabiskan waktunya bermain dengan gawainya. Melihat kondisi ini, dapat menjadi hambatan pada pengembangan karakter anak. Solusi permasalahan diatas dikembangkanlah model komunikasi visual berbasis gim yang menarik bagi anak usia dini yaitu gim android ASIK (Agamis Sistematis Interaktif Kreatif). Subjek penelitian adalah anak usia 4-6 tahun sejumlah 30 orang. Adapun desain penelitian yang digunakan adalah desain kuantititatif “Quasi Experiment”, adapun rancangan penelitian yang dipilih adalah “The Non Equivalent Control Group. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektifitas gim ASIK terhadap pengembangan nilai moral dan agama anak usia dini dalam pengembangan karakter. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah diberikan perlakuan gim ASIK di kelas eksperimen dan pembelajaran kovensional di kelas kontrol. Pada kelas eksperimen, anak-anak melakukan aktivitas mengikuti visualisasi yang ada dalam gim bertemakan pengembangan karakter dan mereka lebih cepat memahami dengan baik nilai karakter yang disampaikan
Keywords
pendidikan karater; game android; pengembangan moral dan agama
Refbacks
- There are currently no refbacks.