Perbandingan Pemahaman Seks Anak Usia 4-5 Tahun Ditinjau dari Penerapan Pendidikan Seks

Author


Riska Ayu Hapsari(1Mail), Siti Wahyuningsih(2), Ruli Hafidah(3),
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sebelas Maret, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sebelas Maret, Indonesia(2)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sebelas Maret, Indonesia(3)

Mail Corresponding Author

 PDF Full Text  

Published : 2021-12-26

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 2038 times PDF Downloaded: 685 times

Abstract


Pendidikan seks prasekolah TK dan RA untuk memfasilitasi perkembangan anak termasuk pemahaman seks yang komprehensif. RA memiliki jenjang seperti TK namun berbasis islam dengan pendekatan yang memadukan iman sekaligus amal saleh. Tujuan penelitian untuk mengetahui perbandingan pemahaman seks pada aspek kognitif dan sosem di TK dan RA. Desain penelitian ini kuantitatif komparasi. Sampel penelitian 30 anak usia 4-5 tahun di TK Garuda dan RA Al-Kautsar, Surakarta. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner tingkat pemahaman seks anak dengan. Temuan baru penelitian dari hasil rekapitulasi kuesioner menunjukan perbedaan nilai yang signifikan.  Hipotesis mengenai perbedaan pemahaman seks anak usia 4-5 tahun aspek kognitif dan sosial emosi diterima. Pemahaman seks di Ra lebih unggul karena penerapan pendidikan seks secara islami dimana aspek sosial emosi diperhatikan detil dalam kegiatan belajar. Anak tidak hanya paham kognitifnya saja seperti perbedaan laki-laki dan perempuan, tetapi dapat menghormati dirinya dengan diajari bagaimana melindungi diri dengan menutup aurat, dan merawat diri


Keywords


pemahaman seks; pendidikan seks; lembaga tk dan ra; anak usia dini

References


Amirudin, A., & Nirmala, I. (2018). Pendidikan Seksual Anak Usia Dini dalam Persfektif Hukum Islam. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 1(1), 51-66. https://doi.org/10.15575/japra.v1i1.3546

Andika, A. (2010). Ibu Dari Mana Aku Lahir. Pustaka Grhatama.

Borg, W., & Gall, M. (1983). Educational Research: An Introduction 4th edition Longman Inc. New York.

Camelia, L., & Nirmala, I. (2017). Penerapan Pendidikan Seks Anak Usia Dini Menurut Perspektif Islam (Upaya Pencegahan kekerasan dan Pelecehan Seksual Terhadap Anak Usia Dini Melalui Penerapan Pendidikan Seks Dalam Perspektif Sunnah Rasul). Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 27-32.

Chasanah, I. (2018). Psikoedukasi Pendidikan Seks untuk Meningkatkan Sikap Orangtua dalam Pemberian Pendidikan Seks. Jurnal Intervensi Psikologi (JIP). https://doi.org/10.20885/intervensipsikologi.vol10.iss2.art5

Chomaria, N. (2012). Pendidikan seks untuk anak. Aqwam.

Dacholfany, M. I., & Hasanah, U. (2018). Pendidikan anak usia dini menurut konsep islam.

Hi.Yusuf, H. (2020). Pentingnya Pendidikan Seks Bagi Anak. Al-Wardah, 13(1), 131. https://doi.org/10.46339/al-wardah.v13i1.163

Hurlock, E. B. (1978). Perkembangan Anak Jilid 1. (Alih Bahasa: Meitasari Tjandra & Muslichah Zarkasih). Penerbit Erlangga.

Jatmikowati, T. E., Angin, R., & Ernawati, E. (2015). Model Dan Materi Pendidikan Seks Anak Usia Dini Perspektif Gender Untuk Menghindarkan Sexual Abuse. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3). https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.7407

Justicia, R. (2017). Pandangan Orang Tua Terkait Pendidikan Seks Untuk Anak Usia Dini. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 1(2), 28-37. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v1i2.121

Mukti, A. (2018). Pendidikan Seks Untuk Anak Usia Dini Perspektif Islam. Jurnal Harkat : Media Komunikasi Gender, 12(2). https://doi.org/10.15408/harkat.v12i2.7562

Oktarina, N. D., & Liyanovitasari, L. (2019). Media Cerita Bergambar Tentang Pengenalan Seks Dini Meningkatkan Pengetahuan Anak Usia Dini. Jurnal Kesehatan Perintis (Perintis's Health Journal), 6(2), 110-115. https://doi.org/10.33653/jkp.v6i2.296

Rahmawati, N. (2012). Gambaran Perilaku Seksual Pada Anak Usia Sekolah Kelas 6 Di Tinjau Dari Media Cetak Dan Media Elektronik Sekolah Dasar Negeri 16 Banda Aceh Tahun 2012. Jurnal Kesehatan Masyarakat.

Ratnasari, R. F., & Alias, M. (2016). Pentingnya Pendidikan Seks untuk Anak Usia Dini. Jurnal Tarbawi Khatulistiwa.

Sarwono, S. W., & Siamsidar, A. (1986). Peranan orang tua dalam pendidikan seks. Rajawali, Jakarta.

Sujarweni, V. W. (2014). SPSS untuk Penelitian. In SPSS untuk Penelitian.

Susanto, A. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan Teori). Bumi Aksara.

Wu, C. Y., & Lee, T. S. H. (2020). Impact of parent-child relationship and sex on trajectories of children internalizing symptoms. Journal of Affective Disorders. https://doi.org/10.1016/j.jad.2019.09.016

Yuniarni, D. (2021). Pengembangan Busy Book Berbasis Neurosains dalam Rangka Pengenalan Seks untuk Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 513-525. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1336


Refbacks

  • There are currently no refbacks.