Nilai-Nilai Pendidikan Karakter pada Film Adit dan Sopo Jarwo Ditinjau dari Aspek Pedagogik

Authors

  • Francisca Sutiyani Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Tuti Tarwiyah Adi Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • R. Sri Martini Meilanie Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1133

Keywords:

pendidikan karakter, pedagogik, anak usia dini

Abstract

Karakter erat kaitannya dengan nilai-nilai kebajikan yang mesti dibiasakan agar terbentuk suatu pola dalam pribadi individu yang masih ada  tatanan dalam masyarakat untuk berpikir dan bertindak sesuai dengan nilai-nilai yang diutamakan dalam masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai karakter apa yang ditanamkan dalam film Adit dan Sopo Jarwo dan Menganalisis relevansi film Adit dan Sopo Jarwo dalam menanamkan nilai-nilai karakter jika ditinjau dari aspek sosiopedagogiek. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan metode analisis konten. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa film Adit dan Sopo Jarwo mengandung nilai-nilai karakter jika ditinjau dari aspek pedagogies diantaranya nilai karakter menjaga hubungan dengan Tuhan dan sesama yang didalamnya terkandung sifat sopan santun, jujur, saling menghormati, saling menyayangi dan disiplin.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agung, P., & Asmira, Y. D. (2018). Pengembangan Model Pendidikan Karakter Peduli Sosial Melalui Metode Bermain Peran Di Tk Tunas Mekar Indonesia Bandar Lampung. Jurnal Caksana : Pendidikan Anak Usia Dini, 1(02), 139–158. https://doi.org/10.31326/jcpaud.v1i02.195

Baginda, M. (2018). Nilai-Nilai Pendidikan Berbasis Karakter pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Jurnal Ilmiah Iqra’, 10(2), 1–12. https://doi.org/10.30984/jii.v10i2.593

Devianti, R., Sari, S. L., & Bangsawan, I. (2020). Pendidikan Karakter untuk Anak Usia Dini. MITRA ASH-SHIBYAN: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 3(02), 67–78. https://doi.org/10.46963/mash.v3i02.150

Kabadayi, L. (2012). The Role of Short Film in Education. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 47, 316–320. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.06.657

Khakim, A. A. Al, & Sofiana, D. A. A. W. (2019). Pemilihan Film Anak Dan Kaitannya. 150–160.

Latifatul Masruroh. (2020). Identifikasi nilai karakter pada anak usia dini di paud cikal karangampel. Alfikar Journal For Islamic Studies, 3(2), 23–28.

Levering, B. (2012). Martinus Jan Langeveld: Modern Educationalist of Everyday Upbringing. In Education and the Kyoto School of Philosophy (pp. 133–146). Springer Netherlands. https://doi.org/10.1007/978-94-007-4047-1_10

Masithoh, D. (2018). Teachers’ scientific approach implementation in inculcating the students’ scientific attitudes. Jurnal Prima Edukasia, 6(1), 32–43. https://doi.org/10.21831/jpe.v6i1.14282

Megawangi, R. (2004). Pendidikan yang Patut dan Menyenangkan: Penerapan Teori Developmentally Appropriate Pracices (DAP) Anak‐anak Usia Dini 0 sampai 8 tahun. In Cimanggis: Indonesia Heritage Foundation. Indonesia Heritage Foundation.

Nuraeni. (2014). Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini. Jurnal Paedagogy, 1(2).

Nyoman, A. F. dan N. N. S. (2003). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini dengan Pendekatan SHIP (Issue 1). https://doi.org/10.16309/j.cnki.issn.1007-1776.2003.03.004

Pasrah, R., Ganda, N., & Mulyadiprana, A. (2020). Nilai-Nilai Karakter yang Terdapat dalam Film Animasi Upin dan Ipin Episode “Jembatan Ilmu.” PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(3), 152–164.

Pratama, F. F. (2020). Membangun Karakter Siswa Melalui Penggunaan Media Pembelajaran Scrabble Games. Academy of Education Journal, 11(2), 129–141. https://doi.org/10.47200/aoej.v11i2.397

Rafika Bayu Kusumandari. (2013). Character Education Model For Early Chilhood Based On E-Learning And Culture Of Java. Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies, 2(1). https://doi.org/10.15294/ijeces.v2i1.9251

Sadiman, A. S., & Dkk. (1990). Media Pendidikan. Rajawali Pers.

Samani, & Hariyanto, M. (2011). Konsep dan Model Pendidikan Berkarakter. PT. Remaja Rosdakarya.

Suarto, E. (2017). Faktor-faktor yang mempengaruhi dalam penanaman pendidikan karakter di sekolah tingkat pertama di kota padang. Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(1), 261–276. https://doi.org/10.34125/mp.v2i1.139

Sudarto, S. (2017). Implementasi Metode Targhib dan Tarhib dalam Pembelajaran Akidah Akhlak Peserta Didik Mts Hidayatus Syubban Karangroto Genuk Semarang. Waspada (Jurnal Wawasan Pengembangan Pendidikan), 2(2), 36–54.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sukenti, D. (2011). Media Pembelajaran (Strategi dan Aplikasi Program Media Pembelajaran di Perguruan Tinggi). STIKIP Aisyiah Riau.

Thomas Lickona. (2012). Persoalan Karakter: Bagaimana Membantu Anak Mengembangka n Penilaian yang Baik, Integritas, dan Kebajikan Penting Lainnya (p. 183). Bumi Aksara.

Yuniarni, D. (2012). Character Education in Early Childhood. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 7(1), 29–42. https://doi.org/10.26418/jvip.v7i1.333

Zhayoga, I., H, D. E., & Listyarini, I. (2020). Analisis Pengaruh Film Upin dan Ipin Terhadap Karakter Siswa. Indonesian Values and Character Educational Journal, 3(1), 1–7. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IVCEJ/article/view/24542/14886

Downloads

Published

06-03-2021

How to Cite

Sutiyani, F., Adi, T. T., & Meilanie, R. . S. M. (2021). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter pada Film Adit dan Sopo Jarwo Ditinjau dari Aspek Pedagogik. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2201–2210. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1133

Issue

Section

Articles