- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Nilai-Nilai Pendidikan Karakter pada Film Adit dan Sopo Jarwo Ditinjau dari Aspek Pedagogik
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1133Keywords:
pendidikan karakter, pedagogik, anak usia diniAbstract
Karakter erat kaitannya dengan nilai-nilai kebajikan yang mesti dibiasakan agar terbentuk suatu pola dalam pribadi individu yang masih ada tatanan dalam masyarakat untuk berpikir dan bertindak sesuai dengan nilai-nilai yang diutamakan dalam masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai karakter apa yang ditanamkan dalam film Adit dan Sopo Jarwo dan Menganalisis relevansi film Adit dan Sopo Jarwo dalam menanamkan nilai-nilai karakter jika ditinjau dari aspek sosiopedagogiek. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan metode analisis konten. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa film Adit dan Sopo Jarwo mengandung nilai-nilai karakter jika ditinjau dari aspek pedagogies diantaranya nilai karakter menjaga hubungan dengan Tuhan dan sesama yang didalamnya terkandung sifat sopan santun, jujur, saling menghormati, saling menyayangi dan disiplin.
Downloads
References
Agung, P., & Asmira, Y. D. (2018). Pengembangan Model Pendidikan Karakter Peduli Sosial Melalui Metode Bermain Peran Di Tk Tunas Mekar Indonesia Bandar Lampung. Jurnal Caksana : Pendidikan Anak Usia Dini, 1(02), 139–158. https://doi.org/10.31326/jcpaud.v1i02.195
Baginda, M. (2018). Nilai-Nilai Pendidikan Berbasis Karakter pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Jurnal Ilmiah Iqra’, 10(2), 1–12. https://doi.org/10.30984/jii.v10i2.593
Devianti, R., Sari, S. L., & Bangsawan, I. (2020). Pendidikan Karakter untuk Anak Usia Dini. MITRA ASH-SHIBYAN: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 3(02), 67–78. https://doi.org/10.46963/mash.v3i02.150
Kabadayi, L. (2012). The Role of Short Film in Education. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 47, 316–320. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.06.657
Khakim, A. A. Al, & Sofiana, D. A. A. W. (2019). Pemilihan Film Anak Dan Kaitannya. 150–160.
Latifatul Masruroh. (2020). Identifikasi nilai karakter pada anak usia dini di paud cikal karangampel. Alfikar Journal For Islamic Studies, 3(2), 23–28.
Levering, B. (2012). Martinus Jan Langeveld: Modern Educationalist of Everyday Upbringing. In Education and the Kyoto School of Philosophy (pp. 133–146). Springer Netherlands. https://doi.org/10.1007/978-94-007-4047-1_10
Masithoh, D. (2018). Teachers’ scientific approach implementation in inculcating the students’ scientific attitudes. Jurnal Prima Edukasia, 6(1), 32–43. https://doi.org/10.21831/jpe.v6i1.14282
Megawangi, R. (2004). Pendidikan yang Patut dan Menyenangkan: Penerapan Teori Developmentally Appropriate Pracices (DAP) Anak‐anak Usia Dini 0 sampai 8 tahun. In Cimanggis: Indonesia Heritage Foundation. Indonesia Heritage Foundation.
Nuraeni. (2014). Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini. Jurnal Paedagogy, 1(2).
Nyoman, A. F. dan N. N. S. (2003). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini dengan Pendekatan SHIP (Issue 1). https://doi.org/10.16309/j.cnki.issn.1007-1776.2003.03.004
Pasrah, R., Ganda, N., & Mulyadiprana, A. (2020). Nilai-Nilai Karakter yang Terdapat dalam Film Animasi Upin dan Ipin Episode “Jembatan Ilmu.” PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(3), 152–164.
Pratama, F. F. (2020). Membangun Karakter Siswa Melalui Penggunaan Media Pembelajaran Scrabble Games. Academy of Education Journal, 11(2), 129–141. https://doi.org/10.47200/aoej.v11i2.397
Rafika Bayu Kusumandari. (2013). Character Education Model For Early Chilhood Based On E-Learning And Culture Of Java. Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies, 2(1). https://doi.org/10.15294/ijeces.v2i1.9251
Sadiman, A. S., & Dkk. (1990). Media Pendidikan. Rajawali Pers.
Samani, & Hariyanto, M. (2011). Konsep dan Model Pendidikan Berkarakter. PT. Remaja Rosdakarya.
Suarto, E. (2017). Faktor-faktor yang mempengaruhi dalam penanaman pendidikan karakter di sekolah tingkat pertama di kota padang. Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(1), 261–276. https://doi.org/10.34125/mp.v2i1.139
Sudarto, S. (2017). Implementasi Metode Targhib dan Tarhib dalam Pembelajaran Akidah Akhlak Peserta Didik Mts Hidayatus Syubban Karangroto Genuk Semarang. Waspada (Jurnal Wawasan Pengembangan Pendidikan), 2(2), 36–54.
Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sukenti, D. (2011). Media Pembelajaran (Strategi dan Aplikasi Program Media Pembelajaran di Perguruan Tinggi). STIKIP Aisyiah Riau.
Thomas Lickona. (2012). Persoalan Karakter: Bagaimana Membantu Anak Mengembangka n Penilaian yang Baik, Integritas, dan Kebajikan Penting Lainnya (p. 183). Bumi Aksara.
Yuniarni, D. (2012). Character Education in Early Childhood. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 7(1), 29–42. https://doi.org/10.26418/jvip.v7i1.333
Zhayoga, I., H, D. E., & Listyarini, I. (2020). Analisis Pengaruh Film Upin dan Ipin Terhadap Karakter Siswa. Indonesian Values and Character Educational Journal, 3(1), 1–7. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IVCEJ/article/view/24542/14886